Monday, June 13, 2016

6 Tips Menggunakan MakeUp Khusus Untuk Wajah Berminyak Agar Tidak Mudah Luntur


6-Tips-Menggunakan-MakeUp-Khusus-Untuk-Wajah-Berminyak-Agar-Tidak-Mudah-Luntur



Jengkel karena memiliki kulit berminyak? Produksi minyak berlebih pada jenis kulit berminyak memang seringkali membuat makeup jadi mudah luntur.

Kamu pun jadi harus sering-sering touch up kan Dears? Agar wajah terlihat segar setiap saat. Tapi, sebenarnya masalah tersebut tidak akan terjadi kok Dears, kalau kamu tahu cara menyiasatinya.

Sebenarnya setiap manusia memiliki kelenjar sebasea pada jaringan kulit terdalamnya. Dan itu sebenarnya wajar saja Dears, karena kelenjar ini memang berfungsi memproduksi minyak guna menjaga kesehatan kulit.

Tapi sayangnya, kelenjar sebasea bisa bekerja terlalu aktif pada orang yang memiliki jenis kulit berminyak Dears. Makanya, pada wajah jadi sering muncul minyak berlebih yang biasanya dapat terlihat jelas pada zona T yaitu dahi, hidung, dan dagu.

Nah, tapi kamu bisa kok Dears, menyembunyikan minyak pada wajah hanya dengan mengaplikasikan produk makeup dengan cara yang benar dan sesuai dengan kondisi kulit. Bagaimana caranya?

Simak 6 tips berikut yang bisa membuat riasanmu awet meski kulitmu jenis berminyak..

1.      Gunakan Primer
Selalu gunakan primer setidaknya pada zona T sebelum memakai foundation, bedak, atau produk lainnya agar dapat membantu makeup lebih melekat pada wajah.
Sebelum mengoleskannya, jangan lupa cuci muka terlebih dahulu dengan menggunakan sabun cuci muka yang mengandung glycolic acids atau salicylic acid yang bisa mengurangi kelebihan minyak pada wajah.

2.      Gunakan Kosmetik Oil Free
Sebaiknya gunakan produk makeup yang berlabel oil-free mulai dari primer, foundation, BB cream, tabir surya, blush on, hingga bedak.

3.      Gunakan Tabir Surya Dengan Tepat
Gunakan Tabir Surya untuk melindungi kulit dari bahaya sinar Ultraviolet. Agar tabir surya tidak membuat wajah berminyak, tekan wajah yang telah dioleskan tabir surya dengan tisu. Baru gunakan make up sesuai kebutuhan.

4.      Hindari Menggunakan Concealer
Beberapa jam setelah memakai makeup, sering terlihat ada kerak pada riasan mata. Jadi, hindari penggunaan concealer pada kelopak mata. Cukup gunakan primer khusus kelopak mata agar eye shadow dapat melekat dengan sempurna. Pilih juga produk riasan mata yang tahan lama dan tahan air.

5.      Gunakan Serum
Jika diperlukan menggunakan pelembab, sebaiknya gunakan produk bertekstur ringan seperti serum. Karena pelembab dalam bentuk serum bisa melembabkan kulit tanpa harus membuatnya terlihat berminyak.

6.      Hindari Terlalu Banyak Bedak
Banyak orang menganggap, semakin banyak bedak yang di pakai maka semakin terbebas pula wajah dari minyak. Ternyata pemikiran tersebut SALAH, Dears!
Terlalu banyak bedak yang dibubuhkan justru akan merangsang pori-pori pada kulit wajah untuk memproduksi semakin banyak minyak.

Cukup bubuhkan bedak pada area yang berminyak. Sebaiknya, pilih jenis bedak yang memiliki formula matte translucent.

Jangan lupa, selalu siapkan kertas minyak di dalam tas karena bisa menjadi penyelamat ketika minyak pada wajah sudah mulai terlihat.

Cara memakai kertas minyak yang benar adalah dengan menekannya pada area yang berminyak bukan dengan menggosok-gosokan kertas minyak pada kulit wajah.

Nah sudah tahu triknya kan Dears? Jadi kamu tidak perlu sebal lagi memiliki kulit berminyak.. Karena kamu masih bisa terlihat segar dengan jenis kulit wajah berminyak.

Bahkan, memiliki kulit berminyak justru sebenarnya bagus Dears, karena sentuhan minyak alami pada wajah bisa membuat kulitmu terlihat lebih sehat. Kulit wajah pun jadi tidak mudah keriput karena ada minyak yang selalu melembabkannya.

Nah, agar produksi minyak tidak berlebihan dan tidak memicu timbulnya jerawat, biasakan rutin mencuci wajah setiap pagi dan malam hari sebelum tidur. Gunakan juga masker alami secara berkala paling tidak seminggu sekali hingga tiga kali untuk mengatasi kelebihan minyak pada wajah.

Kulit berminyak, siapa takut?

No comments:

Post a Comment