Sunday, June 12, 2016

7 Tips Melakukan Exfoliating Sendiri Dirumah Dengan Benar




7-Tips-Melakukan-Exfoliating-Sendiri-Dirumah-Dengan-Benar

7 Tips Melakukan Exfoliating Sendiri Dirumah Dengan Benar

Exfoliation atau pengelupasan kulit penting dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah mulus dan awet muda. Yakni untuk memberikan tempat bagi lapisan kulit baru untuk muncul ke permukaan serta meningkatkan sirkulasi darah dan asupan nutrisi ke kulit wajah.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, exfoliation perlu dilakukan secara teratur sekitar 1 sampai 3 kali seminggu tergantung jenis kulit. Apalagi kalau usiamu sudah menginjak 30 tahun Dears, dimana proses regenerasi sel kulit secara alami mulai melambat dan perlu mendapat bantuan dari luar.

Tapi, kamu juga perlu hati-hati karena melakukan exfoliation sembarangan justru dapat membuat kulit kering, iritasi, berjerawat bahkan hingga memerlukan perawatan lanjutan.

Kedengarannya sedikit merepotkan ya Dears? Tapi kalau kamu paham cara exfoliating yang benar dirumah, ternyata dapat menyelamatkan dari biaya tambahan untuk pergi ke dokter kulit lho..

Lalu bagaimana langkah melakukan exfoliating yang benar?
Berikut langkah-langkahnya Dears..

1.      Kenali jenis kulit
Masing-masing jenis kulit memiliki kebutuhan yang berbeda satu sama lain, baik dari jenis exfoliator maupun frekuensi exfoliationnya.

Misalnya, Kulit normal umumnya hanya perlu diexfoliate 1 hingga 2 kali seminggu. Untuk kulit kering dan sensitif, cukup lakukan 1 kali seminggu untuk menghindari iritasi. Sedangkan, untuk kulit berminyak, kamu bisa menggunakan exfoliator yang lebih kuat atau melakukannya hingga 3 kali seminggu.

2.      Bersihkan Wajah
Bersihkan wajah dari seluruh kotoran dan makeup yang masih menempel. Gunakan juga cleanser yang sesuai dengan jenis kulit, baru kemudian bilas dengan air hangat. Wajah perlu dibersihkan agar exfoliator dapat bekerja secara optimal pada kulit.

Agar tidak menutupi wajah saat proses exfoliation berlangsung, ikat rambutmu ke belakang atau bisa gunakan bando untuk menyingkirkan poni.

3.      Steam Wajah 
     Steam Wajah berfungsi untuk mengendurkan pori-pori, sehingga dapat meminimalisir kerusakan pada kulit selama proses exfoliastion. Jika tidak memiliki alat steam, cukup gunakan baskom berisi air panas dan arahkan uapnya ke wajah sekitar 15 menit. Pastikan air tidak terlalu panas agar tidak merusak pembuluh darah di wajah.

4.      Aplikasikan Eksfoliator
Usapkan exfoliator perlahan dengan gerakan melingkar ke atas merata pada seluruh wajah, terutama di daerah sekitar hidung dan dahi yang cenderung berminyak. Lakukan selama sekitar 5 menit.

Hindari menggosok area sekitar mata karena kulitnya yang sangat sensitif akan mudah rusak oleh exfoliator.

Hindari juga menekan atau menggosokkan exfoliator dengan keras, karena partikel scrub pada exfoliator dapat menggores kulit wajah. Karena jika terlalu banyak lapisan kulit yang mengelupas, justru dapat menghambat proses regenerasi dan membuatnya lebih rentan terkena jerawat serta komedo.

5.      Bersihkan Exfoliator
Bersihkan produk exfoliator dengan air hangat, kemudian percikkan air dingin untuk kembali mengencangkan pori-pori. Pastikan benar-benar bersih hingga tidak ada exfoliator yang tertinggal, karena dapat mengiritasi kulit.

6.      Keringkan Wajah
Keringkan wajah menggunakan handuk yang bersih dan kering, cukup dengan cara menepuknya secara lembut dan perlahan. Gunakan handuk khusus untuk wajah untuk menghindari lebih banyak bakteri yang mungkin bisa mengontaminasi wajah.

7.      Gunakan Serum
Gunakan juga serum anti penuaan atau bisa juga menggunakan pelembab pada wajah dan leher karena exfoliation dapat membuat kulit kering.

Jika exfoliation dilakukan di pagi hari dan akan beraktivitas di luar ruangan, gunakan tabir surya setelah melakukan exfoliating karena sel kulit baru sangat rentan rusak terkena sinar matahari.

Cukup mudah kan?  Namun ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan Dears, hindari melakukan exfoliation saat kulit sedang berjerawat, terluka, terbakar, iritasi, atau memiliki pembuluh kapiler yang terlihat jelas.

Hindari juga menggunakan exfoliator bersamaan dengan produk waxing karena waxing juga dapat mengelupas lapisan kulit sama halnya exfoliator.

Nah, saat usia bertambah kulit cenderung menjadi semakin kering. Jadi, usahakan segera ganti produk exfoliator yang lebih lembut atau kurangi periode exfoliation sesuai kebutuhan kulit.


No comments:

Post a Comment